HP BEKAS/ SECOND? Gini Cara Menghapus Akun Google di Android

Baru beli Hp bekas atau second dan bingung cara menghapus akun Google di Android tanpa factory reset (Mengembalikan setelan pabrik). Yah, terkadang kita bingung ketika akan hapus akun di Hp yang didalamnya masih terkait Gmail pemilik lama dikarenakan beda merk maupun versi Android.

Hal itu juga pernah saya alami ketika punya Hp Samsung yang sudah di root yang didalamnya masih terdapat akun pemilik lama dan saya berniat ingin ganti akun Gmail pemilik lama dengan punya saya tanpa factory reset karena sadar kalau hapus akun dengan factory reset pasti Hp Android kembali ke setelan pabrik pertama kali.

Sebelum itu saja tegaskan langkah penghapusan akun Gmail yang saya maksud disini bukan di hapus permanen melainkan hanya menghilangkan akun dari perangkat Android itu saja, jadi sejatinya akun Google masih bisa di akses kembali!!
cara menghapus salah satu akun gmail di android
Kembali ke cerita, setelah menambahkan akun Google di Hp Android Samsung versi lama tersebut kan jadi otomotis ada dua akun dalam satu Hp dan saya berniat menghapus salah satu akun Gmail yang ada di Android itu..

..Sudah berkali-kali mencari tombol opsi hapus akun di layar Hp Samsung jadul, tetap saja tidak menemukannya..

..Saya pun mencoba menonaktifkan Hp Samsung dan cuma lihatin tuh Hp dalam keadaan mati!!

Ehh.. ternyata ada tombol garis-garis sejajar 4 di bagian bawah Hp (Saya tidak tahu namanya) bukan di layarnya dan saya mencoba menghidupkan kembali Android jadul..

..Lalu masuk ke menu pengaturan akun..

..Setelah itu memilih Gmail pemilik lama kemudian menekan tombol garis-garis yang saya temukan tadi dan ternyata opsi hapus akun muncul..

..Sayapun berhasil hapus akun Google pemilih lama di Android Samsung dan mengganti Gmail milik saya.

Itu kisah saya dengan Hp Android Samsung dibawah versi KitKat yang tidak menemukan opsi hapus akun Google didalamnya!!

Sekarang untuk cara hapus akun Gmail di Android KitKat maupun versi diatasnya lebih mudah karena kita akan menemukan opsi untuk menghapus akun dilayar Hp itu sendiri dan jika temen-temen lupa kata sandi Gmail yang akan ditambahkan ke Hp bisa ikuti tautannya.

Berikut bagaimana cara logout Gmail di Android!!

Cara Hapus Akun Gmail di Android, Plus Akun Play Store

Yah, penghapusan akun Gmail di Android tentu juga akan mengakhiri hidup akun yang terkait di Hp, seperti yang kita ketahui bersama bahwa Satu Akun Untuk Semua Google sudah menjelaskan kayak gitu!!

Akun lain yang terkait dan juga ikut kehapus nantinya selain Gmail itu sendiri diantaranya:

  1. Play Store dan layanan Google lainnya (Google Drive, Blogger, Youtube dll)
  2. Game seperti COC
  3. Sosial Media (BBM, Facebook, Instagram dll)
  4. Kontak Hp yang terkait dengan Akun

Dan dibawah ini merupakan contoh cara menghapus akun Gmail di Android Lenovo di atas versi KitKat tepatnya versi Android Lollipop yang bisa temen-temen ikuti walau Hp Anda merknya lain seperti Xiaomi, Smartfren, Oppo, Sony, Advan dll sama saja kok.

  • Pertama-tama buka menu PENGATURAN / Setting di Android
  • Dan disini pilih opsi AKUN 
    cara mengganti akun gmail di android
  • Nah, bisa temen-temen lihat muncul akun-akun lain yang ada di Hp seperti Facebook, BBM, WhatsApp dll, pilih yang GOOGLE 
    cara hapus akun gmail
  • Jika sebelumnya sudah Anda tambahkan akun Gmail, maka pilih akun pemilik lama yang ingin di hapus dari Android
    cara menghapus akun gmail di android smartfren
  • Disini kita dapat melihat apa saja yang tersinkron dengan akun Gmail pemilik lama seperti aplikasi, Google Play dll. Sekarang pilih ICON TIGA TITIK (Lainnya) letaknya dibawah dari layar Hp dan sentuh HAPUS AKUN 
    cara menghapus akun google play game
  • Lalu muncul pemberitahuan "Jika menghapus akun ini akan menghapus semua pesan, kontak dan data lainnya akun tersebut dari ponsel!" pilih saja HAPUS AKUN 
    cara menghapus akun google play
  • Sampai disini temen-temen sudah berhasil hapus akun Gmail di Hp 
    cara menghapus akun gmail permanen di Hp


Sangat mudah yah cara menghapus akun Google di Android bekas atau second tanpa factory reset itu dan jika temen-temen ingin daftar akun google baru lewat Hp bisa mengikuti panduan di artikel sebelumnya di Blog ini tentunya. Oiya, aya tekankan kembali bahwa akun Gmail yang di hapus tadi tidak benar-benar lenyap tapi cuma hilang aja dari perangkat Android Anda dan masih bisa di akses kembali lewat perangkat lain. Semoga tips kali bermanfaat dan terimakasih!!
HP BEKAS/ SECOND? Gini Cara Menghapus Akun Google di Android HP BEKAS/ SECOND? Gini Cara Menghapus Akun Google di Android Reviewed by Faz DB on Juli 08, 2017 Rating: 5

1 komentar:

  1. Bagaimana cara urk mengganti email di hp bekas yg sdh di reset pabrik, krn email lupa dan mau ganti email baru kok tdk bisa ya gan, utk solusinya bgaimana ya krn sdh di coba gagal terus krn harus memasukkan email yg lama, terima kasih

    BalasHapus

Comments system

[blogger]
Diberdayakan oleh Blogger.